Garuda Tegaskan Tak Ada Kembalian Uang Haji

Jakarta (MCH). PT Garuda Indonesia menyatakan banwa pada tahun 2009 ini tidak ada pengembalian ongkos jemaah haji terkait turunnya harga avtur pesawat menyusul melorotnya harga minyak mentah dunia.

Pasalnya harga avtur tidak berkaitan dengan turunnya harga minyak mentah dunia. “Tidak ada sisa ongkos haji, karena penyelenggara haji tahun ini banyak biaya yang tidak dianggarkan ternyata keluar biaya,” kata Dirut Garuda Emirsyah Satar kepada wartawan di Jakarta, akhir pekan ini.

Dia pun menegaskan, tidak ada yang ditutupi dalam pengelolaan ongkos biaya haji. Karena untuk biaya haji, maskapai Garuda selalu transparan dan bekerja sama dengan tim Departemen Agama. “Masyarakat tidak perlu khawatir, karena setiap dana yang keluar harus diaudit,” tandasnya.

Kendatipun ada sisa ongkos haji, maskapai Garuda akan mengembalikannya kepada Departemen Agama sebagai patner. Sebagai gambaran biaya ongkos haji tahun ini memberikan konstribusi 10 persen pada pendapatan maskapai milik pemerintah. Demikian seperti dikutip Okezone hari Selasa, 20 Januari hari ini.

Selain itu, di 2008, Garuda berhasil membukukan revenue sekira Rp16 trliun dan jumlah penumpang tercatat 10 juta jiwa atau naik 10 persen dibandingkan tahun lalu. Namun untuk laba bersih belum bisa disebutkan karena alasan belum tutup buku. Di sisi lain, Garuda sudah menambahkan 18 rute, tiga rute untuk jalur internasional dan sisanya rute domestik. (*)

%d blogger menyukai ini: