2/3 Jamaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Makkah – Masa pemulangan jamaah haji indonesia dari Arab Saudi tinggal seminggu lagi. Dari seluruh total jamaah yang berjumlah 210.000 orang, 77 persennya atau sekitar 147.986 jamaah telah tiba di Tanah Air dengan selamat.

Data dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sampai pukul 03.00 WAS, mencatat jamaah haji yang masih berada di Madinah berjumlah 39.005 orang ditambah jamaah yang menunggu pemulangan di Jeddah berjumlah 3.866 orang atau setara dengan 12 kloter. Sisanya sudah sampai di Tanah Air dengan selamat sebanyak 147.986 jamaah atau 378 kloter

“Alhamdulillah, prosesi pemulangan berjalan sesuai dengan jadwal dan rencana yang ada. Sampai sekarang, 77 persen jamaah kita telah tiba di tanah air, sisanya masih menyelesaikan ibadah arbain di Madinah dan menunggu pemulangan di Jeddah,” kata Wakil Kepala Daerah Kerja (Wakadaker) Madinah bidang Pelayanan Kedatangan dan Pemulangan Jamaah Muizzul Hidayat
Menurut Muiz, pemulangan terakhir jamaah haji dijadwalkan pada tanggal 9 januari mendatang dengan menggunakan dua jalur yaitu Bandara King Abdul Aziz Jeddah dan Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah. Muiz berharap para jamaah tetap menjaga kesehatan dan staminanya agar dapat kembali ke Tanah Air dengan sehat dan selamat.

“Rencananya pemulangan terakhir dijadwalkan tanggal 9 januari besok. Kloternya ada yang dari Surabaya, Solo dan Jakarta. Kami berharap jamaah dapat menjaga diri agar nanti bertemu keluarga dengan sehat,” pintanya.

Himbauan Muiz ini terkait dengan penurunan suhu udara Kota Madinah yang saat ini mencapai 10 derajat celcius. Bahkan di malam hari suhu udara mainah bisa mencapai 8 derajat dibanding seminggu lalu yang berkisar antara 15-23 derajat.

Petugas Daker Makkah Dipulangkan

Dengan selesainya seluruh prosesi pelayanan jamaah haji di Kota Makkah, seluruh petugas haji yang berada di daerah kerja Makkah dipulangkan terlebih dahulu. 417 Petugas haji Makkah sudah meninggalkan Arab Saudi dengan menunakan pesawat Garuda pada jumat malam pukul 18.30 WAS.

“Alhamdulillah kami sudah selesai melayani jamaah di Makkah. Setelah pengosongan Makkah dari jamaah pada tangal 1 kemarin, seluruh petugas haji Makkah telah dipulangkan ke Tanah Air pada jumat malam,” kata salah satu petugas Azhar Aziz pada detikcom, Jumat malam (2/1/2009).

Menurut jadwal yang diperoleh detikcom, petugas yang berada di Jeddah dan Madinah baru akan dipulangkan setelah jamaah haji di kedua kota tersebut tuntas dipulangkan ke Tanah Air pada tanggal 9 januari mendatang.

“Rencana awal kita akan pulang pada tangal 12 Januari mendatang. Setelah semua jamaah selesai dipulangkan termasuk yang sakit. Kecuali petugas yang tanazul karena ada alasan khusus,” kata Sekretaris daker Madinah Abdullah di ruang kerjanya.(yid/gah) detikcom,  (3/12/2008).

%d blogger menyukai ini: