Dua Jemaah Solo Masih di RS Mekah

Solo (MCH). Tepat pukul 00.30 Sabtu (27/12) kloter 34 dengan 402 jamaah haji asal Jepara memasuki asrama haji Donohudan, namun terdapat empat orang yang tidak tampak dalam rombongan tersebut. Dua orang wafat di tanah suci atas nama Muntarno bin Subiyono (50) asal Bondo Bangsri dan Farichah binti H Abd Manan (61) asal Nalumsari Mayong.
Sedangkan Ramelan bin Mustari (85) asal Semat Tahunan Jepara saat ini masih ditinggal di Makkah untuk menjalani perawatan di rumah sakit. Adapun Marisan bin Japun (73) asal Karangrandu Pecangaan saat turun dari pesawat sudah dalam kondisi kritis sehingga langsung dilarikan ke rumah sakit Muwardi Solo untuk menjalani perawatan intensif.

Kedatangan kloter 34 yang disertai lima anggota Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji (TP4H) Jateng nampak tampil beda dengan kloter sebelumnya, karena jamaah haji pria semuanya mengenakan kaifiyah (surban merah ala Yasser Arafat).

Hanya saja, saat diminta untuk segera naik bus yang akan mengantar ke Jepara, sebagian jamaah haji mogok tidak mau pulang lantaran tas tentengan warna biru muda yang berisi oleh-oleh tidak terangkut bersama pesawat yang ditumpanginya. Bahkan saat bus sudah ke keluar asrama, mereka tetap bersikukuh untuk bertahan di asrama menunggu kedatangan kloter 35 beberapa jam berikutnya. Betul saja, mereka benar-benar membuat kegirangan tatkala kloter 35 tiba di Solo melihat tas yang ditunggu-tunggu kelihatan diturunkan dari truk di asrama haji

Kloter 35 pembawa jamaah haji asal Magelang tiba Sabtu (27/12) pukul 03.07 WIB setibanya di asrama haji juga tidak kumplit sebagaimana saat berangkat ke tanah suci. Dua jamaah wafat di Madinah terdiri Mundjiatun binti Kartodiharjo (83) asal Kaligintung Kalinegoro Mertoyudan dan Anshori bin Muh Hadi (61) dari Kebonrejo. Sementara Muh Shodiq bin Hadi Ghozali (84) asal Candiretno Secang Magelang saat ini masih dirawat rumah sakit An-Nur Makkah setelah diamputasi kedua kakinya akibat penyakit diabetnya yang cukup parah.

Sedangkan untuk kloter 36 asal Pati tiba di Solo Sabtu (26/12) pukul 12.27 WIB dengan 405 jamaah dan 37 asal Jepara pukul 18.20 WIB. (H. Akhmad Su’aidi)

%d blogger menyukai ini: