Dubes Arab: Nilai Haji Berjalan Sukses

Jakarta (MCH). Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Abdurrahman Al Hayat mengungkapkan, Arab Saudi terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan jamaah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia. Ini disampaiakan Al Hayat saat memberikan sambutan pada penandatanganan MoU pembangunan Pemondokan Haji antara Syarikat Alhujurat Attoyibah Attafkir Almahdudah dengan Departemen Agama di Departemen Agama, Rabu (24/12) kemarin.

Al Hayat juga memuji atas pelaksanaan ibadah haji tahun ini yang dinilainya sukses. Penilaian itu dikaitkan dengan kawasan Jamarat Mina,yang kondisinya masih dalam perbaikan, namun saat berlangsung prosesi haji, semua kegiatan ibadah berjalan dengan baik.

“Kami katakan sukses dari adanya persiapan-persiapan saat ini yang pada tempat-tempat haji masih terjadi perbaikan-perbaikan, namun alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” ujar Al Hayat.

Ia menambahkan, pemerintah Arab Saudi saat ini memang sedang melakukan pembangunan besar-besaran terutama di sekitar Masjidil Haram. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keyamanan kepada para jamaah haji yang hasilnya akan dirasakan oleh para jamaah haji pada tahun-tahun mendatang.

Al Hayat juga menilai dengan adanya kerjasama pembangunan pemondokan haji akan memberikan dampak positif bagi jamaah haji Indonesia di masa-masa yang akan datang. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya pembangunan perumahan haji ini bisa dilakukan oleh negara-negara lain.

Sementara itu, Anas Ismail Al Hafis, General Manager Syarikat Alhujurat Attoyibah Attafkir Almahdudah, mengungkapkan perumahan haji ini akan dibangun diatas lahan seluas 70.000 M persegi. “Di areal ini akan dibangun 45 gedung untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan jamaah haji selama tinggal di sini,” kata Anas yang tidak menyebutkan di daerah mana pemondokan ini akan dibangun. (Nashir Maqsudi)

%d blogger menyukai ini: