Embarkasi Medan Akan Disempurnakan

Medan (MCH). Kedatangan Kloter 5 Jemaah Haji asal Embarkasi Medan, kemarin berlangsung dengan mulus. Pesawat pengangkut mendarat pukul 09.32 atau hanya terlambat dua menit dari jadwal yaitu 09.30 WIB. Proses pengangkutan jemaah haji dan barang bawaannya dari Polonia ke Embarkasi Haji Medan hanya berlangsung selama 50 menit saja, jadi tepat 10.20 rombongan telah masuk embarkasi.

Sayangnya kedatangan jemaah tidak diikuti oleh ketertiban keluarga yang menjemputnya. Juga ketegasan aparatPolri yang menjaga pintu masuk. Begitu ada penjemput yang diperlakukan beda (dibolehkan masuk oleh aparat Polri, walau tanpa tanda pengenal khusus) maka yang lain ngotot untuk diperbolehkan masuk. Akibatnya suasana sedikit gaduh. Para penjemput ngotot ingin masuk karena kurang berfungsi maksimalnya televisi monitor di ruang tunggu penjemput.

Hanya ada 2 televisi 21 inch namun hanya tayangan satu sudut pandang saja. bila pas keluarganya ter shoot, maka legalah para penjemput, dan mereka tak perlu ngotot masuk aula penyambutan jemaah. Namun karena banayk jemaah yang tidak masuk tayangan, maka para penjemput gundah, hingga akhirnya ngotot ingin masuk. Hal ini sebenarnya bisa ditanggulangi, dengan menempatkan 4 kamera di setiap sudut ruangan sehingga bisa mengcover jemaah haji secara keseluruhan.

Kepala Kanwil Depag Sumut H Syariful Mahya Bandar mengatakan bahwa kondisi asrama sudah begitu memprihatinkan. Oleh karenanya secara bertahap fasilitas embarkasi akan ditingkatkan. Seperti mengganti secara bertahap tempat tidur susun menjadi spring bed. “Kasihan yang jemaah yang sudah tua bila harus tidur di tempat tidur susun,“ kata Mahya menjawab Suara Merdeka, kemarin.
Hingga kini baru mampu disedikan 192 spring bed. dia berharap peningkatan fasilitas akan tuntas pada 2010 mendatang.(Hartono)

%d blogger menyukai ini: