Tanazul Gratis Bagi Jamaah Haji yang Sakit

Makkah – Jamaah haji yang mengalami sakit dan tidak mampu lagi untuk melanjutkan prosesi ibadah sunnah haji, diberikan keringanan berupa pemulangan lebih cepat (tanazul). Tanazul ini diberikan kepada para jamaah haji yang memang sudah melaksanakan semua prosesi rukun dan wajib haji.

“Tanazul ini diprioritaskan untuk para jamaah yang sakit yang sudah menunaikan semua rukun haji dan wajibnya. Ini bagian dari layanan PPIH kepada jamaah yang udzur,” kata petugas bagian pemulangan Novi pada wartawan MCH Makkah, Jumat (19/12/2008).

Menurut Novi, sampai saat ini sekitar 250 jamaah haji yang sudah mengajukan
tanazul. Dari jumlah 250 jamaah, sekitar 225 jamaah telah mendapatkan persetujuan tanazul. Sisanya masih dalam proses.

“Saya belum rekap semuanya, sekitar 250an yang mengajukan. Yang disetujui baru 225an, karena ada yang sudah disetujui tapi batal,” kata Novi.

Bagi jamaah yang sudah mendapatkan persetujuan tanazul, bisa langsung dipulangkan sesuai dengan jadwal penerbangan yang ada. Hal ini untuk lebih mempermudah jamaah yang memang membutuhkan waktu segera pulang untuk dapat bertemu keluarganya.

“kalau sudah ada acc tanazul yang bisa langsung dipulangkan. Sesuai jadwal yang didapatkan,”terang Novi

Pengurusan Tanazul ini merupakan bagian dari layanan PPIH kepada jamaah. karena itu, semua proses pengurusan tanazul tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Hal ini dilakukan supaya tidak ada beban bagi jamaah.

“Semua pengurusan tanazul gratis. karena memang ini bagian dari pelayanan terhadap jamaah haji yang sakit prosedurnya,”katanya.

Pantauan wartawan  di kantor daker Makkah, tiap hari puluhan ketua kloter terlihat mengurus jamaahnya yang akan mengambil tanazul. Hal ini membuat kerja tim bagian pemulangan khususnya bidang tanazul terlihat super sibuk.(yid/mok) detikcom

%d blogger menyukai ini: