Teken Draf Angket Haji, Ketua DPR Pengusul ke-121

Ketua DPR Agung Laksono mendukung usul penggunaan hak angket untuk penyelenggaraan ibadah haji. Bentuk dukungan itu ia wujudkan dengan ikut menandatangani draf angket tersebut. Kini, angket itu  diusung 121 orang anggota DPR-RI dari 8 fraksi.

“Sebagai ketua DPR saya berharap masalah ini tidak layu sebelum berkembang, karenanya saya ikut tanda tangani (draf usulan) menjadi 121 (orang pengusul),” kata Agung di ruang kerjanya di Gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (16/12/2008).

Pernyataan Agung ini spotan disambut tepuk tangan 10 orang perwakilan pengusul yang mengantar draf hak angket ke pimpinan DPR. Rombongan kecil yang dipimpin Abdullah Azwar Anas itu terlihat kaget sekaligus gembira atas dukungan langsung Ketua DPR atas usulan mereka.

Tidak tertutup kemungkinan sebagai hasil dari hak angket ini muncul rekomendasi perubahan wewenang pemerintah dalam peyelenggaraan ibadah haji. Bila sekarang pemerintah merangkap sebagai regulator dan kontraktor, di masa mendatang bisa saja sebatas regulator dan kontraktornya adalah swasta atau pemerintah daerah.

Tapi usul penyelidikan terhadap penyelenggaraan ibadah haji sama sekali bukan untuk melakukan pemakzulan terhadap Presiden SBY. Melainkan mencari penyebab utama berbagai kekacauan yang selalu berulang pada setiap musim haji.

“Saya hargai kepedulian ini yang merupakan puncak respons DPR atas masalah penyelenggaraan haji yang muncul tipa tahun.  Bukan untuk menjatuhkan pemerintahan dan sebagainya, tapi mencari penyebab utama kekacauan lalu diperbaiki,” tegas Agung.

Tahap berikutnya, usulan hak angket haji tersebut dibawa ke rapat paripurna yang sedang berlangsung maraton. Selanjutnya tim bamus akan mengagendakan jadwal  bagi wakil pengusul untuk memaparkan alasan pengajuan usulan angket.

%d blogger menyukai ini: