Jemaah Haji Bisa Saksikan Kendaraan Canggih Kepolisian

Mobil polisi tercanggih bisa disaksikan pada pelaksanaan haji tahun 1429 Hijriyah ini. Sebab, untuk pertama kalinya kepolisian Kerajaan Arab Saudi mempergunakan peralatan canggih pengamanan yang diproduksi Nurizon Corporation. Demikian seperti diberitakan Source Security edisi Senin, 15 Desember kemarin,

Teknologi pengamanan yang disediakan Nurizon untuk pengamanan haji antara lain Video and Audio Surveillance Systems, Automated Licence Plate Recognition (ANPR and MLPR), Mobile Data, Satellite Vehicle Location (AVLS), Vehicle Navigation and Guidance, Mobile Data Terminals (MDT), dan Transflective In Vehicle Touch screens.

Menurut Christopher Riddell, Chief Executive Officer (CEO) Nurizon Corporation, perangkat yang kini dipergunakan kepolisian Arab Saudi adalah perangkat termoderen yang dimiliki dan diproduksinya. “Nurizon menjadi pioner dalam penggabungan pengamanan rumahan dan pengamana publik dan ini sangat cocok untuk acara-acara semacam haji,” katanya.

Untuk operasional di Arab Saudi Nurizon menggandeng perusahaan Arab Saudi, Saudi Telecom Company (STC) sebagai penyedia kumunikasi kecepatan tinggi dalam olah data, serta Bravo! (PTC) untuk komunikasi, serta Al-Jazirah Motors Company yang menyediakan kendaraan bermerek Ford. Semua peralatan dikomando dengan dua bahasa: Arab dan Inggris.

Peralatan canggih ini baru digunakan oleh segelintir kepolisan negara-negara maju karena mahalnya harga. Namun, media tersebut yak menyebut berapa nilai peralatan kepolisian yang diperkirakan hanya nakan dipergunakan pada musim haji dan umrah Ramadhan serta musim-musim tertentu itu. (Musthafa Helmy)

%d blogger menyukai ini: