Pelanggar Haji Didenda dan Masuk Catatan Hitam

Jakarta (MCH). Jemaah yang melaksanakan haji di luar ketentuan yang berlaku akan dikenakan denda sebelum meninggalkan Arab Saudi. Menurut Komandan Imigrasi Haji Kolonel Abid Katib, denda berkisar antara 1.000 Riyal hingga 3.000 Riyal. Jika yang melanggar perusahaan maka dikenakan denda 10.000 Riyal.

Tak hanya itu, menurut Katib, jemaah yang bersangkutan akan masuk catatan hitam masuk wilayah Arab Saudi dalam jangka beberapa tahun. Karena semua data dibuat secara eletronika dan berdasarkan sidik jari, maka sidik jari yang bersangkutan akan tertolak ketika akan mengajukan visa haji selanjutnya.

Masih tingginya angka jemaah haji liar tahun ini membuat pemerinhtah Arab Saudi emakin mengetatkan pengawasan, terutama menuju Arafah dan Mina. Demikian seperti diberitakan harian Ukaz edisi Senin, 15 Desember hari ini.

Tahun ini masih tercatat 480.000 jemaah haji gelap. Tahun lalu masih mencapai 1 juta jemaah. Pejabat haji Arab Saudi menyebut bahwa terdapat penurunan hampir 60% jemaah gelap tahun ini dan tahun depan dipekirakan akan menurun terus seiring dengan penerapan aturan tersebut. (Musthafa helmy)

%d blogger menyukai ini: