Meski Mahal Muslim Rusia Tetap Haji

Biaya haji dari Rusia ternyata sangat mahal, 7.000 USD. Padahal jumlah jemaah haji asal Rusia mencapai 23.000 jemaah haji tahun ini. Hal ini djelaskan pimpinan rombongan jemaah haji Rusia, Rashid Ahmadov yang dikutip harian Saudi Gazette edisi Kamis, 22 Desember hari ini.

Jumlah kaum muslimin di Rusia semakin meningkat, mencapai 10 sampai 15 dari populasi Rusia yang mencapai 140.702.096 orang. Dengan pendapatan perkapita 14.800 USD pertahun, biaya 7.000 USD termasuk mahal. “Tapi, jemaah haji meningkat terus,” kata Ahmadov. Rusia masih memiliki warga miskin sekitar 15%. Muslim Rusia bisa melaksanakan haji dengan cara menabung.

“Rusia tengah menjadi putih dari warna merah sebelumnya,” katanya. “Kami di Rusia tetap mempertahhankan nama muslim kami,” kata Haji Abdul Majeed Omar Anwar, jemaah Rusia yang lain. “Kami menolak kampanye asimilasi yang menjadikan kami Barat sejak runtuhnya Uni Sovyet,” katanya.

Majeed sangat memuji langkah Arab Saudi membangun fasilitas perhajian. “Dahulu tidak seperti ini. Kini sudah berubah. kata Majeed yang sudah pernah melaksanakan haji sebelumnya ini. “Perubahan telah membuat kemudahan bagi jemaah haji sekarang,” tambahnya.(Musthafa Helmy)

%d blogger menyukai ini: