Ratu Sejagad Itu Naik Haji

Masih ingat nama Nafisa Ali, Miss India yang pernah memenangkan lomba bergaun renang India, model, aktris, pemain jockey, pekerja sosial, dan sejumlah jabatan kemasyarakatan lainnya itu kini naik haji. Miss India tahun 1976 dan runner up Miss World tahun 1977 itu tak lagi dikenali pernah sebagai ratu sejagad.

Menurut harian Arab News edisi Rabo, 10 Desember ini, Nafisah telah meninggalkan semua atribut keduniaannya dengan mengganti baju ihram yang bersahaja berwarna putih. Beberapa orang India sebagian masih mengenalinya karena dulu ia sering tampil sebagai cover majalah dan koran India. Nafisah berhaji menyetai ayahnya yang sakit-sakitan. Nafisah dan ayahnya merupakan jemaah haji istimewa yang dipimpin Gubernur Jharkhand, Syed Sibtey Hasan Rizvi yang menjadi tamu Khadimul Haramain Raja Abdullah.

“Alhamdulillah, Allah memudahkan haji saya,” katanya. “Sampai saat ini saya menikmati setiap langkah saya di sini. Di sini saya berdoa untuk negara saya, India. Saya ingin Alah menjadikan India sebagai negara yang penuh kasih sayang, damai, penuh cinta, dan toleran. Saya ingin terorisme tak ada lagi. India telah menjadi korban terburuk terorisme,” katanya.

Menurut nafisah, semua agama mengajarkan kedamaian, saling cinta, saling menghargai, teloran, dan moderen. “Sayangnya kita telah diberi label sebagai agama yang tidak toleran. Citra Islam dinodai oleh kelompok kecil yang tak bertanggungjawab yang merusak Islam,” katanya.

Nafisa lahir dari keluarga unik. Ibunya seorang penganut Katholik Roma. Ayahnya, seorang muslim. Lebih unkk lagi, Nafisa kawin dengan penganut Sikh R.S. Sodhi, yang dikenal sebagai pemain polo kondang. Nafisah behasil menjadi anggota parlemen India dari daerah Kolkata Selatan tahun 2004.

