Hari Ini Nafar Awal Tinggalkan Mina

Hari ini sejumlah jemaah haji yang melaksanakan nafar awal akan meninggalkan Mina. Nafar awal adalah mereka yang meninggalkan Mina pada tanggal 12 Zulhijjah. Sementara jemaah yang melaksanakan nafar sani akan meninggalkan Mina besok, 13 Zulhijjah.

Komandan Pengamanan Masjidil Haram Jenderal Yusuf Mattar meminta pengaturan nafar awal dilakukan ketat karena daya tampung Masjidil Haram untuk tawaf dan sai terbatas. Jenderal Mattar meminta aparat pengamanan Mina bisa mengatur agar tidak sebagian besar jemaah melaksanakan nafar awal hari ini.

Jemaah yang akan melaksanakan nafar awal harus meninggalkan Mina sebelum matahari terbenam. Jika hingga matahari terbenam jemaah masih di Mina, maka ia harus menyempurnakan menjadi nafar sani dan kembali menginap semalam di Mina dan sekali lagi melempar tiga jumrah.

Kepadatan akan terjadi hari Rabo, 10 Desember ini menjelang tengah hari (zawal) karena jemaah ingin segera mengakhiri tinggal di Mina dan langsung menuju Mekah melaksanakan tawaf Ifadhah atau tawaf wada` (perpisahan) bagi yang telah melaksanakan tawaf dan sa`i.

%d blogger menyukai ini: