Haji Nyasar Capai 25.000 Jemaah.

Sekitar 25.000 jemaah haji yang sebagian besar asal Asia dan Mesir tercatat tersesat jalan selama di Mina dan Arafah. Menurut Pramuka Arab Saudi (SSS/Saudi Scouts Society), jumlah ini menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Semua jemaag sesat jalan itu sudah dikembalikan ke tempat asalnya berkat kerjasama yang baik dengan petugas haji negara-negara yang bersangkutan.

Menurut Abdullah Al-Fahd, pembina SSS, pihaknya berhasil menjalin kerjasama dalam mengoptimalkan kerja pramuka untuk membimbing jemaah haji yang tersesat di medan Arafah dan Mina tersebut. Rata-rata jemaah sesat adalah jemaah yang menyempal dari rombongannya karena sesuatu hal.

SSS adalah para pekerja suka rela yang melaksanakan tugasnya secara ikhlas untuk membantu pemerintah Arab Saudi mengamakan dan memperlancar pelaksanana haji. Jumlah SSS yang dikerahkan mencapai 4.000 orang.

Di Mina saja, SSS memasang 20 posko khusus jemaah yang tersesat jalan yang telah dilengkapi komputer. Ketika nama yang bersangkutan diketahui serta nomor paspor, maka akan diketahui di mana lokasi jemaah tersesat tersebut berdasarkan nomor maktab yang terdata. Rata-rata mereka tersesat jalan karena letak geografi Arafahd an Mina yang memang membingungkan bagi yang tak biasa.

Menurut Muhammed Al-Saeed, anggota SSS yang sudah dua kali terlibat dalam pelayanan haji ini, sebagian anggotanya direktut dari kalangan yang memahami bahasa asing, terutama Inggris. Juga, disyaratkan mengerti bahasa asing lainnya, seperti bahasa Indonesia, Urdu, Iran, India, dan lain sebagainya.

Langlah SSS ini sangat berguna bagi jemaah yang takut berhadapan dengan aparat kepolisian yang cenderung kaku. Rata-rata jemaah sesat langsung menghampiri posko mereka dan menunjukkan identitas dirinya untuk dipulangkan ke kemah amsing-masing dengan kendaraan atau diantar jalan. “Kami sebenarnya juga tidak tahu banyak lokasi di Mina. Kami manfaatkan GPS sehingga dalam waktu singkat bisa kami hantar jemaah tersebut ke kemahnya,” kata Sami SAl-Yousuf, anggota SSS seperti dikutip harian Saudi Gazette edisi Selasa, 9 Desember hari ini.

%d blogger menyukai ini: