Gema Takbir Idul Adha di Berlin Tanpa Potong Kurban

Hari Raya Idul Adha tidak hanya bisa dinikmati umat Muslim di dalam negeri. Di Berlin, Jerman, umat Muslim Indonesia juga merayakan Hari Raya Kurban.

Warga muslim Indonesia dan umat Muslim lain dari berbagai bangsa, juga merayakan Idul Adha di Berlin. Untuk warga Indonesia, salat Id dilakukan di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin, Jerman, Senin (8/12/2008).

Salat dimulai pukul 9.30 waktu setempat. Ini terhitung pagi, karena di musim dingin ini matahari baru terbit pukul 8.04 waktu Berlin.

Rangkaian acara dimulai dengan salat Id berjamaah, dan khutbah. Usai itu, warga Indonesia pun saling bersalam-salaman dan kemudian menikmati hidangan yang ada sambil bersilaturahmi.

Tidak ada acara potong kurban seperti lazimnya di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang ingin berkurban menyetor uang kurban kepada panitia kurban Masjid Al Falah IWKZ e.V. Panitia kemudian menyalurkan dana kurban ke Rumah Zakat Indonesia.

“Panitia mengumpulkan 16 kambing kurban senilai 1.136 Euro dan hasilnya disalurkan lewat Rumah Zakat Indonesia,” kata Sekretaris I KBRI Berlin Agus Priono.

%d blogger menyukai ini: