Jamaah Wafat Asal Embarkasi Solo Terbanyak

Memasuki hari ke 21 proses keberangkatan haji, ternyata jamaah calon haji asal embarkasi Solo yang wafat di Tanah Suci merupakan jumlah terbanyak dibanding 11 embarkasi lain di Indonesia. Dari 41 calhaj yang wafat, 10 diantaranya dari embarkasi Solo, disusul dari embarkasi Pondokgede Jakarta sebanyak tujuh orang. Penyebab wafat didominasi akibat gangguan jantung sebanyak tujuh orang, gangguan pernafasan dua orang dan seorang karena jatuh dari lantai 6 di pemondokan Madinah.

Ketua TP4H (Tim Pemantau Peningkatan Pelayanan Penyelenggaraan Haji) Jateng Dr. H. Abdul Choliq MT, MAg dari Makkah menjelaskan, selain faktor kondisi cuaca dingin di Tanah Suci yang berpotensi mengganggu kondisi kesehatan pernapasan dan faktor kelelahan akan membuat jemaah yang memiliki penyakit bawaan seperti asma, untuk diwaspadai jemaah penyakit tersebut akan muncul. Untuk itu, bagi jemaah yang akan berangkat disarankan membekali diri dengan obat-obatan yang biasa dibawa sesuai resep dari dokter dan setibanya di Makkah tetap memakai masker untuk mengantisipasi dari debu.

Selain itu, mengingat pemondokan yang sebagian besar cukup jauh dari Masjidil Haram, sebaiknya jemaah mengatur waktu beribadah di Masjidil Haram, dan mematuhi petunjuk yang diberikan dokter di masing-masing kloter dengan berkoordinasi petugas kesehatan yang berada di sektor.

Abdul Choliq juga menghimbau jamaah sudah mandi sunah ihram dan mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi sebab waktu istirahat di bandara Jedah sangat singkat, sehingga saat mereka mendarat di bandara tinggal berniat dan sholat sunahnya. Untuk menghindari suhu dingin ketika masih dalam pesawat, agar mengenakan pakaian tebal.

Sementara itu, keberangkatan tiga kloter pada Minggu malam dan Senin dini hari, membikin satgas PPIH embarkasi Solo harus begadang semalaman, seperti untuk kloter 53 pukul 23.32 WIB, disusul kloter 54 dengan jamaah asal Tegal pukul 01.42 WIB Senin (24/11) dan kloter 55 asal Yogyakarta pada pukul 04.48 WIB. Adapun jamaah yang sudah diberangkatkan sebanyak 22.155 orang.

%d blogger menyukai ini: