Pondokan Haji Terbakar Akibat Puntung Rokok

Duta Besar RI untuk Arab Saudi dan Kesultanan Oman, Salim Segaf Aldjufri, Jumat (21/11), meninjau kamar pemondokan haji di Madinah yang sempat terbakar Kamis (20/11) malam WIB.

Media Center Haji Departemen Agama di Jakarta, Jumat (21/11) melaporkan, kamar yang terbakar di pemondokan nomer 435, sektor 2. Kebakaran ini menyebabkan tiga buah kasur dan sebuah sabuk ihram yang ada di kamar yang terkunci itu pun hangus.

“Satu dari tiga buah kasur itu habis terbakar, sedangkan dua buah kasur lainnya hanya sebagain terbakar,” kata Kepala Daerah Kerja Madinah Ahmad Kartono.

Menurut Ahmad, kebakaran terjadi saat empat jamaah haji dari kelompok terbang 26 Jakarta yang menghuni kamar itu meninggalkan ruangan dalam keadaan terkunci.

“Selang setengah jam ditinggalkan penghuninya, tiba-tiba asap mengepul, sehingga orang Arab yang melihatnya pun menghubungi Difa’ Madani (Pemadam Kebakaran), dan akhirnya satu mobil pemadam datang,” katanya.

Setelah berhasil dipadamkan, katanya, pintu kamar yang terkunci pun dibuka untuk melihat kemungkinan penyebab kebakaran.

“Diduga, kebakaran yang terjadi di Majmuah Amwaj di wilayah Bab Tamar itu akibat putung rokok,” katanya.

Menyikapi kebakaran itu, ia mengatakan pihaknya akan meminta pertanggungjawaban majmu’ah atau selaku pengelola rumah, karena mereka memiliki haris (penjaga gedung) yang bertanggung jawab atas keamanan gedung.

%d blogger menyukai ini: