300.000 Meter Kubik Air Kebutuhan Jemaah Haji

Direktorat Jenderal Urusan Air Kerajaan Arab Saudi menyiapkan 3.000 petugas untuk angkutan air bersih selama pelaksanaan musim haji tahun ini. Menurut Muhammad Ahmad Baghdadi, Pengawas Direktorat Jenderal Urusan Air, sekitar 300.000 meter kubik air akan dipompa ke Mekah. Sekitar 290.000 meter kubik akan didatangkan dari Penyulingan Al-Shu`aibah dan 10.000 dari Lembah Malakan. Air bersih tersebut akan digunakan untuk fasilitas toilet di pusat kawasan sekitar Masjidil Haram.

Menurut Baghdadi, semua penampungan air di Mekah dan kawasan ibadah lainnya telah diisi dan distribusi air. Penampungan air di Al-Mu`aissim, Kuday, dan Arafat dalam kapasitas penuh untuk kebutuhan air bersih di Mekah yang diperkirakan cukup untuk kebutuhan musim haji.

Menurut Baghdadi, air untuk kebutuhan jemaah haji melalui pengawasan yang ketat termasuk pemeriksaan bakteri. Di pintu masuk Mekah ada semacam posko yang akan meneliti dan memeriksa air yang masuk ke Mekah agar sesuai standar dan tidak tercemari bakteri. Demkian seperti diberitakan harian Saudi Gazette edisi Senin, 17 November hari ini. (Mustafa Helmy)

%d blogger menyukai ini: