Jamaah Selundukkan Obat dan Jamu

Aparat bea cukai Arab Saudi di Bandara Raja Abdul Aziz, Jeddah, menyita puluhan karton obat milik Maslah As’ari (50), seorang jamaah haji Indonesia asal Magelang, Jawa Tengah.
“Ada dua koper berisi 17 karton obat KB, 15 karton obat rheumasil dan 15 karton jamu rheumatik yang ditahan bea cukai Arab Saudi. Tapi jemaah yang bersangkutan tetap bisa melanjutkan perjalanan,” kata Ketua Daerah Kerja Jeddah, Subakin Abdul Muntholib, di Jeddah, Jumat malam (14/11).

Maslah, anggota jemaah haji kelompok terbang 22 dari embarkasi Solo yang menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA6108 itu, mengatakan bahwa barang-barang tersebut merupakan pesanan dari orang Indonesia yang bermukim di Arab Saudi.

Namun menurut dugaan Subakin, obat-obatan yang dibungkus dalam karton berukuran sekitar 30X30X30 sentimeter itu sengaja dibawa Maslah untuk dijual kepada jemaah lain selama berada di pemondokan.

“Tadi yang bersangkutan mengatakan, itu pesanan mukimin dan dari awal dia memang sudah berspekulasi, kalau bisa lolos ya syukur, tapi kalau tidak, tidak apa-apa,” katanya.

Subakin mengatakan pihaknya sudah menegur jemaah yang bersangkutan.  “Karena ini bisa membahayakan jemaah yang lain. Gara-gara masalah ini, pemeriksaan bisa diperketat,” katanya.

%d blogger menyukai ini: