Madinah Mulai Padat

masjid-keli-file2Masjid Nabawi Madinah saat salat kini mulai penuh oleh jemaah Asi Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Seperti dilaporkan Kantor Berita Malaysia, Bernama hari Jumat, 7 November ini, hampir setiap menjelang salat fardu suasana sekitar masjid Nabwi penuh ramai dengan manusia.

Mereka juga tampak berdesakan untuk mencapai Raudlah dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW. Mereka juga merangkai salat berjemaah sebanyak 40 waktu, yaitu selama delapan hari terus meneus tanpa putus.

Di luar waktu salat, para jemaah ramai-ramai menyempakan mengunjungi masjid Quba, masjid Qiblatayn, Masjid Tujuh, Uhud dan lain sebagainya. “Apabila anda melihat banyak orang Turki, Indonesia, dan dari benua India di Masjid Nabawi, itu tandanya awal bulan haji sudah datang,” kata seorang warga Malaysia yang sudah lama menetap di Arab Saudi.

Tanpak, sebagian jemaah ada yang tua dan kelihatan lemah, namun ternyata mereka sanggup berjalan berkilometer sehari untuk melaksanakan salat arbain.

“Kita berharap kehadiran selama sembilan hari di Kota Suci ini memberi mereka kesempatan untuk menghayati suasana dan cara hidup orang Islam di sini, lebih-lebih lagi sahabat Rasulullah yang menjalani kehidupan baik. Apabila mereka kembali ke tanah air, kita berharap mereka menyebarkan cara hidup Islam kepada masyarakat,” kata ketua Rombongan Haji Malaysia, Mohd Salleh Ab. Mubin.

Salleh melaporkan bahwa cuaca di Madinah tahun ini kini agak sejuk dan diperkirakan akan bertambah sejuk, terutama pada waktu Subuh serta malam. Salleh menasihatkan jemaah haji Malaysia agar membawa pakaian hangat yang sesuai. (*)

%d blogger menyukai ini: