Qurban Wajib Bagi yang Mampu

Qurban atau menyembelih hewan bersamaan dengan Idul Adha adalah wajib bagi mereka yang mempu. Hal ini dikemukakan Direktur Urusan Agama Islam Drs. H. Muchtar Ilyas pada khutbah Jumatnya di Masjid Istiqlal, Jumat, 21 November hari ini.

Menurut Muchtar, hadisnya jelas. Rasulullah bersabda: “Barangsiapa memiliki kemampuan untuk berkorban dan tidak melakukan korban (udlhiyah) maka ia jangan sekali-kali mendekati mushallaku.” Juga, ayat Al-Quran dalam surah Al-Kautsar yang mengharuskan melaksanakan salat dan berkorban.

Jadi, menurut Muchtar, umat Islam yang mampu tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan kurban dengan menyembelih kambing sesuai aturan agama. “Umat Islam jangan pelit, sebab, orang pelit dalam hadis Rasulullah tidak akan masuk sorga walaupun ia seorang pejuang.” Rasulullah setiap tahunnya juga selalu menyembelih hewan korban bahkan pernah puluhan hewan yang disembelih.

Muchtar juga mengimbau jemaah haji Indoensia disamping membayar dam juga jika bisa juga melaksanakan udl-hiyah di Mekah. Kepada muslim yang tidak berhaji, Muchtra Ilyas mengharap agar melaksanakan puasa sunnah Arafah karena pahalanya sangat besar: melebur dosa dua tahun, sebelum dan sesudah. (Musthafa Helmy)

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: